PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI
MELALUI PERMAINAN BERHITUNG
MELALUI PERMAINAN BERHITUNG
Undang-undang
nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28
menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini dapat diselesaikan melalui
jalur formal, non formal, dan informal. Taman kanakkanak adalah
pendidikan anak usia dini pada jalur formal. Pendidikan taman
kanak-kanak
bertujuan membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik
psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial,
emosional, kognitif bahasa, fisik motorik kemandirian dan seni untuk
mempersiapkan memasuki pendidikan dasar.
Usia 4-6 tahun merupakan masa peka perkembangan aspek sosial anak. Anak usia sensitif menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik psikis dan fisik yang merespon stimulus lingkungan dan mengasimilasi/
menginternalisasikan
ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal perkembangan
kemampuan anak. Sangat diperlukan kondisi dan stimulus yang sesuai
dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai
secara optimal. Tanda bahwa anak berkembang dengan optimal
mengejawantah perilaku sehari-hari yang akan menjadi kebiasaan anak.
Pembiasaan
merupakan bagian penting yang melekat pada diri anak Rasa gotong
royong, kerjasama, kemandirian, keingintahuan dan kedisiplinan itu yang
biasa melekat pada anak dimana akan dapat mengembangkan pengetahuan dan
keterampilannya. Peran antara orang tua dan guru sangat
berpengaruh
dalam perkembangan sosial anak, karena dengan dorongan orang tua dan
guru anak akan memiliki keberanian dan keingintahuan serta dengan orang
tua dan guru memberikan tanggung jawab terhadap anak sehingga anak
memiliki kemampuan sosialnya yang besar.
Kemampuan
sosial yang dimiliki oleh anak, anak dapat melakukan sesuatu dengan
sangat mudah, sehingga dalam kegiatan permainan berhitung anak akan
dapat bermain dengan berbagai macam permainan yang dapat mengasah otak/
berpikir yang lebih kongkrit (Sisdiknas, 2007: 4).
Permainan
berhitung ini akan dapat berkolaborasi dengan teman lingkungan, orang
tua, guru atau benda-benda sekitar, yang sekiranya dapat memberikan
strategi dalam permainan berhitung. Anak dapat pengembangan sosial lewat
dari lingkungan yang berupa dorongan semangat/ motivasi dapat
menumbuhkan perkembangan kemampuan mental anak. Setting serta fasilitas
yang tersedia di sekolah yang dapat mengarahkan anak aktif
bersosialisasi dengan teman sebaya, menjadi tantangan yang harus
dijawab. Seorang guru dapat menyediakan sarana bermain sosial di dalam
maupun di luar kelas
sehingga
anak dapat mengembangkan kemampuan komunikasi serta rasa kesetiakawanan
secara positif. Selain itu melalui bermain sosial anak juga dapat
dikenalkan dengan nilai-nilai etisnya. Kegiatan di lingkungan sosial
anak dapat memiliki style serta karakter yang dapat membedakan dirinya
dengan yang lain (B.E.F. Montolalu, 2007: 216).
Pengembangan
sosial dapat mengarahkan pada terbentuknya sikap tanggung jawab dengan
memberikan kepercayaan. Anak dapat berinteraksi tehadap lingkungan yang
dapat mengembangkan aspek sosial-emosional anak sehingga secara tidak
disadari EQ (Emotional Quotion) anak terbimbing
dengan baik (Andang Ismail, 2008: 12).
Uraian
di atas penulis menyimpulkan bahwa pengembangan sosial yang terkait
dalam pembiasaan yang dilakukan di taman kanak-kanak mewujudkannya
kecakapan hidup. Pengembangan kemampuan sosial memiliki tujuan dapat
mencintai diri sendiri melalui mengenal, menerima dan mengarahkan diri,
mencintai orang lain melalui bekerjasama dan berkolaborasi.
Anak
usia dini adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung
pada jalur matematika, karena usia dini sangat peka terhadap rangsangan
yang diterima dari lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan
tersalurkan apabila mendapatkan stimulus/rangsangan yang sesuai dengan
tugas perkembangannya. Apabila permainan berhitung diberikan dengan
berbagai macam permainan tentu akan lebih efektif karena bermain
merupakan wahana belajar dan bekerja bagi anak. Hal tersebut diyakini
akan berhasil mempelajari sesuatu apabila yang ia pelajari sesuai dengan
minat, kebutuhan dan kemampuannya.
Hurlock
(Sisdiknas, 2007: 5) mengatakan bahwa 5 tahun kehidupan anak merupakan
peletak dasar perkembangan selanjutnya. Anak yang mengalami masa bahagia
berarti terpenuhinya segala kebutuhan baik fisik maupun psikis diawal.
Hal ini dapat diramalkan akan mampu melaksanakan
tugas-tugas perkembangan selanjutnya.
Usia
prasekolah merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai
potensi yang dimiliki anak. Upaya pengembangan berbagai potensi dapat
dilakukan salah satunya dengan cara permainan berhitung. Permainan
berhitung di TK diharapkan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan
kognitif saja tetapi kesiapan mental sosial dan emosional. Pelaksanaannya harus dilakukan secara menarik dan bervariasi.
Usia
3 tahun minat anak terhadap angka umumnya sangat besar. Sekitar
lingkungan kehidupan anak, berbagai bentuk angka seringkali ditemui,
misalnya: pada jam dinding, mata uang, kalender bahkan angka pada kue
ulang tahun. Maka dengan sendirinya anak akan mengenal angka dengan cara
mengenal,
melihat dan mengerti. Permainan berhitung merupakan bagian dari
matematika, diperlukan untuk menumbuhkembangkan keterampilan berhitung
yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep bilangan
yang merupakan dasar bagi perkembangan kemampuan matematika.
Permainan
berhitung di TK diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan dasar
matematika. Sehingga anak secara mental siap mengikuti pembelajaran
matematika lebih lanjut di sekolah dasar seperti konsep bilangan,
lambang bilangan, warna bentuk, ukuran, ruang dan posisi melalui
berbagai bentuk alat dan kegiatan bermain yang menyenangkan. Permainan
berhitung juga diperlukan untuk membentuk sikap logis, kritis, cermat,
kreatif dan disiplin pada diri anak, karena masa TK salah satunya
sebagai masa bermain (Sisdiknas, 2000: 1-2).
Permainan
akan mengarahkan anak tumbuh dan berkembang pada seluruh aspek-aspek
perkembangan dirinya arti permainan bagi anak sangatlah berpengaruh pada
anak dalam pengenalan kemampuan berhitung terutama pada aspek kognitif.
Pembelajaran dengan bermain mempermudah anak untuk berpikir serta anak
pun merasa memiliki kesenangan tersendiri, sehingga aspek kognitif yang
sangat membutuhkan pemikiran yang lebih besar untuk dilakukan sebagai
strategis permainan. Permainan yang dapat membuat anak senang dengan
alat peraga yang akan dapat memperlancar kreatif anak dalam berhitung.
Keterampilan
akan berguna dalam merencanakan dan mengembangkan seluruh aspek
perkembangan anak melalui kegiatan bermain sambil belajar, belajar
seraya bermain. Seorang guru TK seharusnya selalu bersedia bermain
dengan anak dan tidak menganggap aktifitas bermain sebagai hal yang
sia-sia.
Guru
juga dituntut untuk bersungguh-sungguh mengembangkan seluruh aspek
perkembangan anak melalui kegiatan sosial yaitu guru dapat mengarahkan
anak untuk bekerjasama dengan temannya, anak dapat melakukan kegiatan
tersebut dengan tidak terpaksa sedangkan guru memberikan motivasi dan
bantuan agar kegiatan berhitung dapat tercapai dengan baik.
Melihat
paparan di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa adanya minat
anak untuk belajar permainan melalui berhitung. Menurut Sisdiknas (2000:
2) berhitung memiliki tujuan agar anak dapat mengetahui dasar-dasar
pembelajarannya sebagai berikut; 1) dapat berpikir logis dan sistematis
sejak dini, 2) dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dalam kehidupan
bermasyarakat, 3) memiliki ketelitian, konsentrasi dan daya apresiasi
yang tinggi, 4) memiliki kreatifitas dam imajinasi dalam menciptakan
sesuatu secara spontan.
TUJUAN PENGENALAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI:
- A. Tujuan Umum
- B. Tujuan khusus
- Dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda-benda kongkrit, gambar-gambar atau angka-angaka yang terdapat di sekitar anak.
- Dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dalam kehidupan masyarakat yang dalam kesehariannya memerlukan keterampilan berhitung.
- Memiliki ketelitian, konsentrasi, abstraksi dan daya apresiasi yang tinggi.
- Memiliki pemahaman konsep ruang dan waktu serta dapat memperkirakan kemungkinan urutan sesuatu peristiwa terjadi di sekitarnya.
- Memiliki
PRINSIP-PRINSIP PERMAINAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI
ü Permainan matematika di berikan secara bertahap diawali dengan
menghitung benda-benda atau pengalaman peristiwa kongkrit yang dialami
melalui pengamatan terhadap alam sekitar.ü Pengetahuan dan keterampilan pada permainan matematika diberikan secara bertahap menurut tingkat kesukaranya, misalya dari kongkrit ke abstrak, mudah ke sukar, dana dari sederhana ke yang lebih kompleks
ü Permainan matematika akan berhasil jika anak-anak diberi kesempatan berpartispasi dan dirangsang untuk menyelesaikan masalah-masalahnya sendiri.
ü Permainan matematika membutuhkan suasana menyenangkan dan memberikan rasa aman serta kebebasan bagi anak. Untuk itu diperlukan alat peraga/ media yang sesuai dengan tujuan, menarik, dan bervariasi, mudah digunakan dan tidak membahayakan.
ü Bahasa yang digunakan didalam pengenalan konsep berhitung seyogyanya bahasa yang sederhana dan jika memungkinkan mengambil contoh yang terdapat di lingkungan sekitar anak.
ü Dalam permainan matematika anak dapat di kelompokkan sesuai tahap penguasaan berhitung yaitu tahap konsep, masa transisi dan lambang.
ü Dalam mengevaluasi hasil perkembangan anak harus dimulai dari awal sampai akhir kegiatan.
MATERI II
LANDASAN PENGENALAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI
Beberapa teori yang mendasari perlunya permainan matematika anak usia dini adalah sebagai berikut:1. Tingkat Perkembangan Mental Anak
Jean Piaget, menyatakan bahwa kegiatan belajar memerlukan kesiapan dalam diri anak. Artinya belajar sebagai suatu proses membutuhkan aktifitas baik fisik maupun psikis.selain itu kegiatan belajar pada anak harus disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan mental anak, karena belajar bagi anak harus keluar dari anak itu sendiri.
Anak usia TK berada pada tahapan pra-operasional kongkrit yaitu tahap persiapan kearah pengorganisasian pekerjaan yang kongkrit dan berpikir intuitif dimana anak mampu mempertimbangkan tentang besar, bentuk dan benda-benda didasarkan pada interpretasi dan pengalamannya (persepsinya sendiri).
2. Masa Peka Berhitung Pada Anak
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor kematangan dan belajar. Apabila anak sudah menunjukan masa peka (kematangan) untuk berhitung, maka orang tua dan guru di TK harus tanggap, untuk segera memberikan layanan dan bimbingan sehingga kebutuhan anak dapat terpenuhi dan tersalurkan dengan sebaik-baiknya menuju perkembangan kemampuan berhitung yang optimal.
Anak usia TK adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung di jalur matematika, karena usia TK sangat peka terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapat stimulasi/rangsangan/motivasi yang sesuai dengan tugas perkembangan-nya. Apabila kegiatan berhitung diberikan melalui berbagai macam permainan tentunya akan lebih efektif karena bermain merupakan wahana belajar dan bekerja bagi anak. Diyakini bahwa anak akan lebih berhasil mempelajari sesuatu apabila yang ia pelajari sesuai dengan minat, kebutuhan dan kemampuannya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Orborn (1981) perkembangan intelektual pada anak berkembang sangat pesat pada kurun usia nol sampai dangan pra-sekolah (4-6 tahun). Oleh sebab itu, usia pra-sekolah sering kali disebut sebagai “masa peka belajar”. Pernyataan didukung oleh Benyamin S. Bloom yang menyatakan bahwa 50% dari potensi intelektual anak sudah terbentuk usia 4 tahun kemudian mencapai sekitar 80% pada usia 8 tahun.
3. Perkembangan Awal Menentukan Perkembangan Selanjutnya
Hurlock (1993) mengatakan bahwa lima tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan peletak dasar bagi perkembangan selanjutnya. Anak yang mengalami masa bahagia berarti terpenuhinya segala kebutuhan baik fisik maupun psikis di awal perkembangannya diramalkan akan dapat melaksanakan tugas-tugas perkembangan selanjutnya. Piaget juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan perkembangan mental anak ke tahap yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan memperkaya pengalaman anak terutama pengalaman kongkrit, karena dasar perkembangan mental adalah melalui pengalaman-pengalaman aktif dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya. Pendidikan di TK sangat penting untuk mencapai keberhasilan belajar pada tingkat pendidikan selanjutnya. Bloom bahkan menyatakan bahwa mempelajari bagaimana belajar (learning to learn) yang terbentuk pada masa pendidikan TK akan tumbuh menjadi kebiasaan di tingkat pendidikan selanjutnya.Hal ini bukanlah sekedar proses pelatihan agar anak mampu membaca, menulis dan berhitung, tetapi merupakan cara belajar mendasar, yang meliputi kegiatan yang dapat memotivasi anak untuk menemukan kesenangan dalam belajar, mengembangkan konsep diri (perasaan mampu dan percaya diri), melatih kedisiplinan, keberminatan, spontanitas, inisiatif, dan apresiatif.
Sejalan dengan beberapa teori yang telah dikemukakan di atas, permainan matematika anak usia dini seyogyanya dilakukan melalui tiga tahapan penguasaan berhitung di jalur matematika yaitu:
- 1. Penguasaan konsep
- 2. Masa transisi
- 3. Lambang
MANFAAT PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK AUD
- Membelajarkananak berdasarkan konsep matematika yang benar.
- Menghindari ketakutan matematika sejak awal.
- Membantu anak belajar matematika secara alami melalui kegiatan bermain.
Peran guru dalam mengembangakan kegiatan belajar matematika adalah
- membangun rasa ingin tahu anak secara alami tentang bentuk, ukuran, jumlah, konsep-konsep dasar lain dalam matematika.
- Peduli dan tertarik terhadap apa yang dikatakan anak. Hal ini akan mendorong anak untuk menceritakan pengalaman dan penemuan mereka.
- Penerimaan terhadap sejumlah kegiatan matematika yang dilakukan anak. Hal ini akan mendorong kepercayaan diri untuk tetap berpikir, bertanya, dan berbagi pengalaman tentang hal berbagai hal yang dialami anak.
PENGENALAN DINI KEMAMPUAN BERHITUNG
- Secara spontan telah menunjukan ketertarikan pada aktivitas permainan berhitung.
- Anak mulai menyebut urutan bilangan tanpa pemahaman.
- Anak mulai menghitung benda-benda yang ada di sekitarnya secara spontan.
- Anak mulai membanding bandingkan benda-benda dan peristiwa yang ada di sekitarnya.
- Anak mulai menjumlah-jumlahkan atau mengurangi angka dan benda-benda yang ada di sekitarnya tanpa disengaja.
Hal yang perlu diperhatikan:
- Apabila ada anak yang cepat menyelesaikan tugas yang diberikan guru, hal inii menunjukkan bahwa anak tersebut telah siap untuk diberikan permainan berhitung dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
- Apabila anak menunjukan tingkah laku jenuh, diam, acuh tak acuh atau mengalihkan perhatian pada hal lain, hal ini menunjukan bahwa telah terjadi masalah pada anak. Itu berarti, anak membutuhkan perhatian atau perlakuan yang lebih khusus dari guru.
MATERI III
STANDAR MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA DINI
- 1. Bilangan
- 2. Aljabar
- 3. Penggolongan
- Membandingkan
- Menyusun
- 4. Pola-pola
- 5. Geometri
- 6. Pengukuran
- 7. Analisis data dan probabilitas
PERMAINAN BERHITUNG DI JALUR MATEMATIKA
1. Bermain pola
Anak diharapkan dapat mengenal dan menyusun pola-pola yang terdapat disekitarnya secara berurutan, setelah melihat dua sampai tiga pola yang ditujukan oleh guru anak mampu membuat urutan pola sendiri sesuai dengan kreativitasnya. Pelaksanaan bermain pola di kelompok A dan B dimulai dengan menggunakan pola yang mudah/sederhana untuk selanjutnya pola menjadi yang kompleks.
2. Bermain Klasifikasi
Anak diharapkan dapat mengelompokkan atau memilih benda berdasarkan jenis, fungsi, warna, bentuk pasangannya sesuai dengan yang dicontohkan dan tugas yang diberikan oleh guru.
3. Bermain Bilangan
Anak diharapkan mampu mengenal dan memahami konsep bilangan, transisi dan lambang sesuai dengan jumlah benda-benda pengenalan bentuk lambang dan dapat mencocokan sesuai dengan lambang bilangan.
4. Bermain Ukuran
Anak Diharapkan dapat mengenal konsep ukuran standard yang bersifat informal atau alamiah, seperti panjang, besar, tinggi, dan isi melalui alat ukur alamiah, antara lain jengkal, jari, langkah, tali, tongkat, lidi, dan lain-lain.
5. Bermain Geometri
Anak diharapkan dapat mengenal dan menyebutkan berbagai macam benda, berdasarkan bentuk geometri dengan cara mengamati benda-bendayang ada disekitar anak misalnya lingkaran, segitiga, bujur sangkar, segi empat, segi lima, segi enam, setengah lingkaran, bulat telur (oval).
6. Bermain Estimasi (Memperkirakan)
Anak diharapkan dapat memiliki kemampuan memperkirakan (estimasi) sesuatu misalnya perkiraan terhadap waktu, luas jumlah ataupun ruang. Selain itu anak terlatih untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yan akan dihadapi.
- Perkiraan waktu misalnya:
• Berapa hari biji tumbuh?
• Berapa lama kita makan?
• Berapa lama anak dapat memantulkan bola?
• Berapa ketukan gambarnya selesai?
- Perkiraan luas, misalnya: berapa keping untuk menutupi meja?
- Perkiraan jumlah, misalnya: berapa jumlah ikan yang ada dalam aquarium?
- Perkiraan ruang, misalnya: berapa anak bergandengan untuk dapat mengelilingi kelas ini?
7. Bermain Statistika
Anak diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk memahami perbedaan-perbedaan dalam jumlah dan perbandingan dari hasil pengamatan terhadap suatu objek (dalam bentuk visua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar